Beberapa Keuntungan Online Advertising untuk Bisnis

Akhirnya Jadwal Release Football Manager 2018 Muncul Juga!
August 17, 2017
Pemberi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Adakah?
August 22, 2017

Beberapa Keuntungan Online Advertising untuk Bisnis

Kamu pasti sering menemukan tampilan google dengan seperti ini ketika mencari sesuatu.

Ya, gambar tersebut adalah hasil dari Google Adwords, sebagai salah satu contoh dari beberapa cabang online advertising. Kali ini saya akan coba untuk sharing beberapa keuntungan Online Advertising yang mungkin kamu belum ketahui.

1. Target audience yang jelas dan tepat sasaran
Online advertising tercipta untuk memudahkan kamu ketika ingin melakukan pengiklanan berdasarkan demografi, geografi, dan juga behavior/perilaku.

Dengan target Geografi, iklan kamu hanya akan tampil untuk audience di lokasi-lokasi tertentu saja. Misalnya, kamu hanya ingin menjangkau masyarakat/audience yang berada di Jakarta dan sekitarnya saja.

Setelah menentukan target Geografi, langkah selanjutnya kamu dapat memilih audience kamu dengan lebih spesifik yaitu menggunakan target demografi. Misalnya kamu hanya ingin iklan kamu dilihat hanya oleh laki-laki, dengan usia 25-35 tahun.

Langkah terakhir dalam penentuan audience adalah memilih target berdasarkan behavior/perilaku orang tersebut di internet. Hal-hal apa saja yang ia lakukan di internet, website mana saja yang ia buka, semua dapat terekam dalam target behavior ini. Misalnya, kamu mau menjangkau audience yang menyukai Manchester United, dan unilever, orang tersebut adalah orang yang aktif melakukan transaksi online, dan mempunyai hobi memancing.

2. Real Time Reporting


Dengan melakukan online advertising, kamu dapat memperoleh hasil campaign/kegiatan iklan anda secara realtime sehingga kamu dapat menentukan langkah untuk campaign selanjutnya.

3. Biaya yang Lebih Efektif


Jika kamu mendapat harga cetak 2000 brosur seharga 500000 (@ 2500), kamu hanya akan dapat menjangkau 2000 orang secara random, yang belum tentu merupakan target market kamu. Apa yang bisa kamu lakukan dengan 500000 di online advertising? Kamu bisa saja mendapatkan 23.000 – 68.000 orang yang tepat sesuai dengan target market kamu.

4. Hasil yang Lebih Mudah Terukur


Dengan data yang ditampilkan di online advertising, kamu dapat melihat campaign mana saja yang lebih efektif dan memberikan profit lebih besar, dan mengurangi atau menghentikan campaign yang kurang efektif. Jika kamu melakukan campaign secara konvensional menggunakan koran, brosur, dan sebagainya, kamu akan kesulitan mengukur seberapa besar efek dari campaign yang kamu lakukan.

Itulah beberapa keuntungan Online Advertising, Semoga bermanfaat untuk kamu yang berkecimpung dalam dunia bisnis dan ingin masuk ke Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *